RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Dua
Peminatan : M-IPA
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.6
Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
4.6
Mengolah dan menganalisis hasil
percobaan tentang sifat elastisitas
suatu bahan
Indikator
·
Menjelaskaan
karakteristik benda elastis sesuai hukum Hooke
·
Melakukan
percobaan hukum Hooke
·
Menentukan
konstanta pegas berdasarkan persobaan
·
Membedakan
stress dan strain
·
Menganalisis
susunan pegas seri dan paralel
·
Menemukan
penerapan sifat elastis dalam kehidupan dan teknologi
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses
mencari informasi, menanya, berdiskusi, dan melaksanakan percobaan siswa dapat menjelaskaan
karakteristik benda elastis sesuai hukum Hooke; melakukan percobaan hukum Hooke;
menentukan konstanta pegas berdasarkan percobaan, membedakan stress dan strain;
menganalisis susunan pegas
seri dan paralel; dan menemukan penerapan sifat elastis dalam
kehidupan dan teknologi
Materi Ajar
·
Benda plastis dan elastis
·
Sifat benda elastis, makin besar pertambahan panjang
makin besar gaya pegas (hukum Hooke)
·
Stress, strain, dan modulus elastisitas
Stress
Strain
Strain
·
Konstanta pegas
·
Susunan pegas seri dan paralel
Seri, pegas semakin lemah
Paralel, pegas semakin kuat
Metode Pembelajaran
·
Demonstrasi dan Eksperimen
·
Dikusi kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat :
pegas/karet, neraca pegas, mistar, statif
·
Bahan ajar : buku pegangan Fisika jilid 1, Buku Fisika Penunjang Aktifitas Siswa,
mechanics 1 dan 2, dan hands out
Langkah
Kegiatan/Skenario Pembelajaran
Setelah mereviu hasil pencapaian
kompetensi (KD) sebelumnya, siswa mengikuti peragaan menarik pegas, mengukur
panjangnya, dan membaca skala gaya neraca pegas untuk menemukan rumusan hukum
Hooke, serta menentukan konstanta pegas. Selanjutnya memalui diskusi,
mendefinisikan konsep stress, strain, dan modulus elastisitas; menemukan
rumusan untuk susunan pegas seri dan paralel; dan memecahkan masalah elastitas
dan gaya pegas. Siswa dari perwakilan dua kelompok praktik mempresesntasikan
hasil percobaan dan penerapan elastisitas dalam kehidupan dan teknologi. Selama
proses pembelajaran dilakuan penilaian proses pada aktivitas di kelas dan hasil
tugas mandiri.
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
hasil kompetensi (KD) sebelumnya tentang gerak melingkar
·
Mejelaskan
kaitan elastisitas dengan hukum Newton (KD sebelumnya) dan gerak getaran (KD
yang akan datang)
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Bertanya
dan menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang elastisitas
melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul)
·
Melaksanakan
pretes tentang karakteristik benda elastis
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
·
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang
·
Siswa
dalam kelompok diminta untuk menarik dua karet berbeda jenis, kemudian
membandingkan kekuatannya, mana yang lebih kuat
·
Siswa
Mencermati demonstrasi percobaan. Perwakilan kelompok mencatat hasil bacaan
panjang pegas/karet awal, pertambahan panjang, dan skala neraca pegas.
Kemudian menyimpulkan hubungan antara pperubahan panjang dengan besar gaya
(skala neraca pegas). Kegiatan dilakukan untuk pegas lain yang berbeda
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi menghitung konstanta pegas untuk kedua pegas/karet,
kemudian menyimpulkan kaitan antara kuat lemahnya karet/pegas dengan besar
kecilnya konstanta pegas
·
Perwakilan
dari dua kelompok menyampaikan hasil hitungan dan kesimpulan diskusi
·
Masing-masing
kelompok diberikan dua masalah yang dapat diselesaikan dengan hukum Hooke
·
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan karakteristik benda elastis
dan hukum Hooke
·
Memberikan tugas baca tentang modulus elastisitas dan
susunan pegas
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih
dan mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Melaksanakan
pretes tentang modulus elastisitas dan susunan pegas
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
·
Dua
orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca
tentang stress, strain, dan modulus elastisitas
·
Kelompok
diminta untuk mencoba menarik satu karet, kemudian menarik tiga karet yang
disusun seri,dan tiga karet yang disusun paralel.
·
Kelompok
mendiskusikan hasil kegiatan tentang hubungan antara susunan pegas dengan
kekuatan pegas yang dirasakan
·
Dengan
fasilitasi guru, siswa merumuskan konstanta pegas seri dan paralel
·
Setiap
kelompok diberikan pemecahan masalah
·
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah modulus elastisitas dan susunan pegas
seri/paralel
·
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan modulus elastisitas dan
susunan pegas
·
Memberikan tugas baca lembar kerja praktik yang akan
datang
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih
dan mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja praktik
yang perlu dikonfirmasi
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
·
Siswa
dibagi dalam kelompok, masing-masing terdiri dari 4 orang siswa
·
Siswa
bekerja dalam kelompok sesuai langkah kerja dalam lembar kerja
·
Kelompok
mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi
kelompok
·
Dua
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
·
Guru
menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau
mengklarifikasi miskonsepsi
·
Setiap
siswa menyiapkan laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan
berdasarkan hasil diskusi
·
Siswa
menyerahkan laporan praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya
dikumpulkan tiga hari kemudian.
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan kembali hasil praktik dan
mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam
memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya
kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
·
Memberikan tugas presentasi penerapan elastisitas dalam
kehidupan dan teknologi dan persiapan mengikuti tes tertulis (Ulangan harian)
pada pertemuan yang akan datang
|
15 menit
|
Pertemuan
Keempat
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
hasil laporan praktik yang sudah terkumpul
·
Menagih
dan mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran melalui presentasi
·
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
·
Dua
orang siswa dari kelompok berbeda yang dipilih secara acak diminta untuk mempresentasikan
tugasnya
·
Siswa
lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
·
Satu
siswa diminta menyampaikan refleksi pengalaman belajar tentang elastisitas
|
60 menit
|
Penutup
·
Siswa melaksanakan tes tertulis ulangan harian
·
Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya
tentang fluida
|
55 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil
dilakukan melalui tes tertulis.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok,
kedisiplinan, dan kerjasama.
Instrumen kinerja
presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas
peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan
praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Fisika Jilid 1
Jakarta, ..... Mei 2013
Mengetahui Kepala SMA .... Guru Mata
Pelajaran Fisika
.................................. ..................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
a. Lembar Observasi dan kinerja
presentasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN
KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Program :
X/M-IPA
Kompetensi :
KD 3.6 dan 4.6
No
|
Nama
Siswa
|
Observasi
|
Kinerja
Presentasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
Akt
|
Disl
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Abdus
Shamad
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
a.
Pretes/postes
Pretes/Postes
Pertama
A. Berilah tanda ceklist pada
kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Dalam keadaan apa
pun benda elastis pasti ke bentuk semula
|
|
|
2.
|
Karet selalu
bersifat elastis
|
|
|
3.
|
Batang kayu
selalu bersifat plastis
|
|
|
4.
|
Satuan stress
identik dengan Pascal
|
|
|
5.
|
Kekuatan pegas dinyatakan
dengan konstanta pegas
|
|
|
6.
|
Menurut Hooke
makin besar gaya pegas, makin besar pertambahan panjangnya
|
|
|
A. Jawablah petanyaan berikut ini
1. Sebuah pegas mula-mula
panjangnya 20,0 cm, ditarik dengan gaya 2,1 N panjangnya menjadi 23,0 cm.
Berapa besar konstanta pegas? Berapa besar gaya pegas saat panjang pegas yang
ditarik menjadi 25,0 cm?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
Contoh Tes Uraian
1.
A
sign (m = 200 kg) hangs from the end of vertical steel girder with
cross-sectional area of 0.5 cm2 and 50 cm of length. The additional
of length is 2.5 cm in this situation
a. What is the strain and stress on the girder?
b. Calculate the modulus Young!
2.
Perhatikan
data percobaan berikut
Perhatikan data percobaan tentang pegas
yang diberi beban (g = 10 m.s-2).
Exp
|
Mass
(gram)
|
Panjang
pegas (cm)
|
1)
|
50
|
32.0
|
2)
|
100
|
34.5
|
3)
|
250
|
42.0
|
4)
|
x
|
45.0
|
a. Berapa konstanta pegas (k)!
b. Perkirakan nila x pada percobaan ke 4!
3.
Sebuah
pegas mula-mula panjangnya 27,0 cm. Ketika diberi beban 100 gram panjang pegas
menjadi 29,5 cm. Berapa panjang pegas jika masa beban yang digantungkan 170
gram?
c.
|
Lembar Kerja Praktik
1. Timbang seluruh masa beban
gantung kombinasi berikut dengan pengaitnya (Mo)
2. Susun alat seperti gambar
3. Baca skala yang ditunjukan
mistar pada bagian bawah beban pada posisi awal (Lo)
4. Ambil satu beban dan catat
masanya (m), kemudian baca skala pada mistar (L)
5. Lakukan percobaan dengan terus menerus
mengambil masa beban. Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti. Kemudian
masukan data percobaan ke dalam tabel berikut ini
Data Percobaan
Mo =
................ kilogram
Lo =
................. meter
Perc
Ke
|
Total
masa yang diambil
(m)
|
Bacaan
Mistar
(L)
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
6. Buatlah grafik dengan m sebagai
sumbu x dan L sebagai sumbu y
7. Jawablah pertanyaan berikut ini
a. Tuliskan persamaan grafik yang
terbentuk
b. Hitung gradiennya
c. Amati data percobaan, kemudian
hitung besar konstanta pegas (k)
d. Tentukan titik potong sumbu X
(Xo) dan titik potong sumbu Y (Yo)
e. Jika sebuah tetapan Q = grad x
k, hitunglah nilai tetapan Q!
Catatan:
Kontrol
ketelitian dan kejujuran data adalah: grafik berbentuk turun, gradien negatif
dan nilai Q mendekati nilai percepatan gravitasi.
8. Buatlah laporan praktik dengan
struktur seperti berikut. Gunakan laptop/komputer atau kalkulator untuk
mendapatkan grafik dan persamaan garis yang akurat. Kirim laporan melalui email mira_pitriyani@yahoo.co.id
Struktur laporan
adalah sebagai berikut
a. Judul
b. Tujuan
c. Landasan
teori
d. Alat
dan bahan (sertakan dengan gambar atau foto)
e. Langkah
kerja
f. Data
percobaan
g. Jawaban
pertanyaan
h. Kesimpulan
i. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar